Meningkatkan Kualitas Human Capital Birokrasi Organisasi Publik Berbasis Balance Scorecard

Penulis

  • Benius Universitas Palangka Raya

Kata Kunci:

Balanced Scorecard, Organisasi Publik, Terintregasi

Abstrak

Balanced Scorecard dan Organisasi Publik dua hal yang tidak dapat dipisahkan di era globalisasi saat ini. Balanced scorecard tidak hanya dikenal sebagai alat pengukur kinerja multidimensional yang menggabungkan aspek keuangan dan dan non keuangan dalam organisasi bisnis akan tetapi juga dikenal sebagai sistem stratejik manajemen yang terintegrasi. Penerapan dan peran balanced scorecard dalam organisasi publik dan kemampuan balanced scorecard untuk menggabungkan 2 (dua) aspek keuangan dan aspek non-keuangan memberikan kesempatan untuk penerapan yang lebih jauh dalam organisasi non profit, salah satunya adalah organisasi publik di lingkup pemerintahan. Organisasi publik adalah organisasi yang menyediakan jasa pada masyarakat dengan tujuan bukan untuk mencari profit. Untuk dapat digunakan oleh organisasi publik, balanced scorecard tersebut harus dimodifikasi. Tulisan ini membahas bagaimana membangun balanced scorecard, meliputi menentukan tujuan strategis, ukuran yang digunakan, target yang ingin dicapai serta inisiatif, dan mengimplementasikan balanced scorecard pada organisasi publik.

Unduhan

Diterbitkan

2020-10-01

Cara Mengutip

Benius. (2020). Meningkatkan Kualitas Human Capital Birokrasi Organisasi Publik Berbasis Balance Scorecard. NYULI, Jurnal Pemikiran Sosial Dan Politik, 1(2), 90–99. Diambil dari https://nyuli.ukpr.ac.id/NYULI/article/view/21