Perilaku Pustakawan Dalam Pelayanan Pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah
Kata Kunci:
Perilaku, Pustakawan, Layanan, PemustakaAbstrak
Penelitian ini membahas tentang perilaku pustakawan dalam pelayanan pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku pustakawan dan kendala pustakawan dalam pelayanan pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian campuran yaitu menggabungkan antara penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif dengan menggunakan wawancara dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku pustakawan dalam pelayanan sudah sesuai dengan kode etik pustakawan. 85, 29% responden (pemustaka) memberi penilaian setuju dan sangat setuju terhadap pernyataan yang diajukan. 0,82% menyatakan sangat tidak setuju, 1,99% menyatakan tidak setuju, dan 11,89% tidak memberi pernyataan. Dari hasil wawancara dengan pustakawan, terdapat kendala pustakawan dalam memberikan pelayanan pemustaka sesuai dengan etika pustakawan yaitu masih ada pemustaka yang tidak mematuhi peraturan dan kurangnya komunikasi antar pemustaka dan pustakawan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 NYULI, Jurnal Pemikiran Sosial dan Politik

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.